Buka Pelatihan Inkubasi Bisnis, Bupati Dairi: Untuk Unggul Wirausahawan Harus Adaptif Melihat Peluang

    Buka Pelatihan Inkubasi Bisnis, Bupati Dairi: Untuk Unggul Wirausahawan Harus Adaptif Melihat Peluang
    Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu

    DAIRI-Menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Dairi dengan PT. Bank Mestika Dharma, Tbk, Bupati Dairi Dr.Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka Program Inkubasi Bisnis UKM secara virtual bersama Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma Tbk , Achmad Kartasamita dan Founder dan CEO Estubizi Network, Benyamin Ruslan Naba dari ruang rapat bupati yang turut dihadiri para UKM.

    Pembukaan program ini dilaksanakan dalam rangka  memberikan pelatihan kepada para pelaku UKM di Kabupaten Dairi, yang dikemas dalam kegiatan acara "Inkubasi Bisnis UKM Pemkab Dairi bersama Bank Mestika

    Dalam arahannya Bupati Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT. Bank Mestika Dharma Tbk, yang bersedia menopang keinginan Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperkuat usaha pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi.

    "Ini sudah lama kami rencanakan bahkan sebelum pandemi melanda. Kami berharap para pelaku usaha yang terpilih dapat memanfaatkan kesempatan ditengah masa sulit karena pandemi seperti saat ini. Biarkan dirimu diasah, diasuh dan dibina oleh mentor-mentor berpengalaman, praktisi profesional dalam melanjutkan cita - cita kita menjadi UMKM yang tangguh, sehat dan berdaya saing, " kata Bupati.

    Dijelaskan Bupati, persaingan usaha saat ini tidak dipengaruhi karena besar kecilnya sebuah perusahaan namun juga karena perusahaan atau usaha tersebut mampu adaptif dan kecepatan dalam menangkap peluang.

    "Kita sudah masuk dalam platform digital sebagai upaya memanfaatkan teknologi agar mampu berdaya saing dengan produsen besar asalkan produk kita unik. Pemkab Dairi akan berusaha mendorong UMKM terkhusus yang memproduksi produk unggulan untuk mampu berdaya saing dengan memanfaatkan platform digital dan lokapasar dalam memasarkan produknya, " tegasnya.

    "Skema pemasaran yang dilakukan adalah B2B dan B2C. Dan untuk mendorong tumbuhnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran produk UMKM Kabupaten Dairi pemerintah telah mengembangkan dan menyediakan  satu lokapasar yaitu visitdairi.com. Ini menjadi media promosi dan pemasaran produk unggulan Kabupaten Dairi. Mari manfaatkan platform ini. Harapan saya semoga Bank Mestika semakin besar dan tetap berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, " tambah Bupati menutup arahannya.

    Sementara itu Presiden Direktur PT. Bank Mestika Dharma Tbk , Achmad Kartasamita menegaskan program ini adalah hasil pembicaraannya bersama dengan Bupati Dairi untuk membangkitkan motivasi berbisnis yang penuh inovasi dan dapat survive ditengah hantaman dunia digital.

    "Bagi kami dari sisi perbankan akan sangat senang mendapat nasabah dari dunia UMKM. Kami turut mensuport andai kata dibutuhkan dalam segi pendanaan. Saat ini perusahaan online  banyak mendapat support dari perbankan untuk tumbuh lebih maju. Ini yang dilihat perbankan dan otoritas jasa keuangan dalam mendukung pengembangan UMKM.Semoga teman yang hadir tidak mensia-siakan pelatihan yang akan kita selenggarakan. Manfaatkan pelatihan ini, banyaklah bertanya dari para mentor agar mampu menjalankan usahanya semakin lebih  baik agar kita bisa jumpai UMKM yang tangguh dan mampu bersaing, " ujarnya.

    Sebelumnya CEO Estubizi Network, Benyamin Ruslan Nabar menjelaskan harapannya agar para pelaku UMKM dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Semoga setelah program ini usahanya makin bertumbuh semakin baik.

    "Kami sebagai mentor memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Ini adalah program yang sudah lama sekali ditunggu oleh kami dan pak Bupati agar UMKM masuk dalam dunia digital sebagaimana diinginkan oleh Bapak Bupati. Apa yang akan kita kerjakan dalam inkubasi bisnis ini semoga dapat membuat bisnis rekan-rekan semakin baik untuk Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh", tuturnya menutup.

    Perlu diinformasikan, pendampingan bagi 30 pelaku UMKM di Kabupaten Dairi dalam rangka mempersiapkan UMKM agar memiliki kapabilitas yang kuat ini terdiri dari tahap teaching, mentoring dan monitoring dari para enterpreneur yang berpengalaman. Sedangkan pesertanya adalah hasil seleksi yang dilakukan oleh Dinas terkait yang terdiri dari koperasi, perorangan, Bumdes, pelaku usaha yang bergerak dalam bidang pertanian, kuliner, perhotelan, kesehatan dan usaha perdagangan.

    DAIRI
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Ikuti Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi...

    Artikel Berikutnya

    Pastikan PTM Terapkan Protokol Kesehatan,...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi verified

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 202

    Postingan Tahun ini: 2015

    Registered: Jul 16, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 187

    Postingan Tahun ini: 1424

    Registered: May 24, 2021

    Basory Wijaya

    Basory Wijaya verified

    Postingan Bulan ini: 110

    Postingan Tahun ini: 567

    Registered: Oct 11, 2021

    Afrido

    Afrido verified

    Postingan Bulan ini: 101

    Postingan Tahun ini: 372

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Agung widodo verified

    Rayakan Idulfitri Walikota Tangerang Sampaikan Terima Kasih Kepada Masyarakat Dalam Tangani Pandemi Covid-19
    219 Orang Warga Binaan Rutan Kelas I Labuhan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut Dapat Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1443 H
    Empat Warung dan Ruko Terbakar, Kapolres Tinjau Lokasi Kebakaran dan Serahkan Bantuan
    Pengamat Maritim: Menanti Ketegasan Sikap Pemerintah terkait Kejelasan Nasib 7 Buruh ABK WNI yang Hilang di Mauritius

    Follow Us

    Recommended Posts

    Dipo Nusantara Dukung Bandara Komodo NTT Setara Changi Singapura
    DPR RI Batalkan Pelaksanaan Pengadaan Gorden Rumah Jabatan Anggota di Kalibata
    Direktur Ormas Kemendagri Rangkul DPP IPEMI Bangkitkan Ekonomi Pasca Pandemi Di 514 Kabupaten Kota 
    Jaksa Agung RI Sampaikan Terima Kasih Atas Kepercayaan Masyarakat
    Pertama Kali Solo Traveling dengan Pesawat? Siapkan 7 Hal ini Dahulu!